Persinas ASAD

Persinas Asad (Ampuh Sehat Aman Damai)

Technical Handbook Kejurnas Persinas Asad 2013

Posted by persinas pada Mei 6, 2013


TECHNICAL HANDBOOK
KEJUARAAN NASIONAL REMAJA-IV
PERGURUAN PENCAK SILAT NASIONAL ASAD

A. KETENTUAN UMUM

I. DASAR

Sesuai amanat Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga PERSINAS ASAD, bahwa Perguruan Pencak Silat Nasional ASAD sebagai wadah himpunan berbagai potensi dan profesi bangsa yang memiliki persamaan cita-cita , visi dan misi dalam upaya melestarikan budaya bangsa Indonesia, siap berpartisipasi aktif dalam membangun bangsa.
Bahwa dengan melestarikan ilmu dan seni beladiri pencak silat , berarti melestarikan budaya bangsa, dalam upaya meningkatkan kualitas mental, fisik bangsa Indonesia, sehingga terwujud manusia Indonesia seutuhnya.
Upaya pembinaan dan pengembangan Pesilat PERRSINAS ASAD serta dalam rangka Meningkatkan Kecintaan terhadap Budaya Bangsa serta turut serta dalam Bela Negara, maka sesuai program kegiatan yang tercantum dalam program kerja PB PERSINAS ASAD akan menyelenggarakan kegiatan dalam bentuk KEJUARAAN NASIONAL REMAJA-IV, dengan harapan dapat lebih meningkatkan prestasi baik tingkat Nasional. Regional dan Internasional.

II. NAMA KEGIATAN

KEJUARAAN NASIONAL REMAJA-IV (KEJURNAS REMAJA-IV) PERSINAS ASAD, Tahun 2013

III.PENANGGUNG JAWAB

Ketua Umum PB PERSINAS ASAD – Brigjen TNI (Purn) Ir. H. Agus Susarso, M.Eng.Sc, M.M.

IV.TEMA

Dengan Pencak Silat kita Pererat Persaudaraan dan mewujudkan Jiwa Ksatria sebagai Karakter dan Jati diri Bangsa untuk mencapai Masyarakat yang Aman dan Sejahtera

V. WAKTU DAN TEMPAT

  1. Waktu
    • Hari : Selasa- Jum’at
    • Tanggal : 8-12 Mei 2013
  2. Tempat : Gymnasium & Sport Hall Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung Provinsi Jawa Barat

VI.MAKSUD DAN TUJUAN

1. Maksud

Menyelenggarakan KEJUARAAN NASIONAL REMAJA-IV PERSINAS ASAD, dalam rangka mengkoordinasikan dan melaksanakan pembinaan kegiatan pencak silat di dalam pelestarian, pengembangan dan peningkatan kualias serta prestasi PERSINAS ASAD secara menyeluruh dan berkesinambungan, untuk mempersiapkan generasi Pesilat di masa mendatang dan menyongsong PON REMAJA 2014.

2. Tujuan

  1. Sebagai sarana latihan, uji coba dan uji kompetensi bagi para Pengurus, Pelatih, Pesilat dan Wasit Juri PERSINAS ASAD.
  2. Membina persaudaraan dan kesetiakawanan sesama anggota PERSINAS ASAD dan Mewujudkan jiwa ksatria, dengan menjungjung tinggi Prasetya Pesilat Indonesia
  3. Meningkatkan peran serta dalam pembangunan manusia seutuhnyaa serta mengangkat harkat dan martabat bangsa, melalui kecintaan terhadap Pencak Silat sebagai salah satu budaya bangsa
  4. Meningkatkan kerukunan, kekompakan dan kerjasama yang baik, untuk lebih menggalang persatuan dan kesatuan bangsa serta tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di lingkungan keluarga besar PERSINAS ASAD.

VII. PESERTA

KEJURNAS REMAJA-IV PERSINAS ASAD diikuti oleh Kontingen Pengprov PERSINAS ASAD se-Indonesia dan beberapa perwakilan di luar negeri sesuai dengan ketentuan yang dikeluarkan oleh PANITIA KEJURNAS REMAJA PERSINAS ASAD, tahun 2013

VIII. KATEGORI PERTANDINGAN

  1. Kategori Tanding PUTRA
    • Kelas A: 39 kg s.d 43 kg
    • Kelas B: > 43 kg s.d 47 kg
    • Kelas C: > 47 kg s.d 51 kg
    • Kelas D: > 51 kg s.d 55 kg
    • Kelas E: > 55 kg s.d 59 kg
    • Kelas F: > 59 kg s.d 63 kg
    • Kelas G: > 63 kg s.d 67 kg
    • Kelas H: > 67 kg s.d 71 kg
    • Kelas I: > 71 kg s.d 75 kg
    • Kelas J: > 75 kg s.d 78 kg
    • Kelas K: > 79 kg s.d 83 kg
    • Kelas L: > 83 kg s.d 87 kg
    • Kelas BEBAS : 87 kg s.d 99 kg
    • untuk berat 87 bisa memilih salah satu kelas (Kelas L atau Kelas bebas)
  2. Kategori Tunggal PUTRA. Kategori yang menampilkan seorang Pesilat memperagakan kemahirannya dalam Jurus Tunggal Baku secara benar, tepat dan mantap, penuh penjiwaan, dengan tangan kosong dan bersenjata serta tunduk kepada ketentuan dan peraturan yang berlaku untuk kategori tunggal (Peraturan Pertadingan IPSI, tahun 2012)
  3. Kategori Ganda PUTRA. Kategori yang menampilkan 2 (dua) orang Pesilat dari tim yang sama, memperagakan kemahiran dan kekayaan teknik jurus serang bela yang dimiliki dengan menggunakan sebagian jurus ciri khas PERSINAS ASAD. Gerakan serang bela ditampilkan secara terencana, efektif, estetis, mantap dan logis dalam sejumlah rangkaian seri yang teratur, baik bertenaga dan cepat maupun dalam gerakan lambat penuh penjiwaan yang dimulai dari tangan kosong dan dilanjutkan dengan bersenjata serta tunduk kepada ketentuan dan peraturan yang berlaku untuk kategori ganda. (Peraturan Pertadingan IPSI, tahun 2012)
  4. Kategori Regu PUTRA. Kategori yang menampilkan 3 ( tiga ) orang Pesilat dari tim yang sama memperagakan kemahirannya dalam Jurus Regu Baku secara benar, tepat, mantap, penuh penjiwaan dan kompak dengan tangan kosong serta tunduk kepada ketentuan dan peraturan yang berlaku untuk kategori regu. (Peraturan Pertadingan IPSI, tahun 2012)

IX. Ketentuan Khusus

  1. Kontingen terdiri dari 1 (satu) orang Manager, maksimal 4 (empat) orang Pendamping Pesilat dan sejumlah Pesilat sesuai dengan kategori/kelas yang diikuti, sedangkan Ketua Pengprov PERSINAS ASAD adalah sebagai Undangan Khusus.
  2. Setiap peserta hanya di perkenankan mengikuti 1 (satu) kelas/ kategori yang di pertandingkan.
  3. Usia Remaja : diatas 14 tahun sampai 17 tahun (maksimal kelahiran bulan mei 1996- minimal kelahiran bulan mei 1999, yang dibuktikan dengan :
    • Fotocopy Ijazah
    • Fotocopy Akte Kelahiran
  4. Pesilat harus berdomisili di Provinsi /daerah yang bersangkutan minimal 1 tahun ( Minimal tercatat sejak bulan Mei 2012), dibuktikan dalam Kartu Keluarga dengan melampirkan foto copy keluarga ( Aslinya diperlihatkan)
  5. Menyerahkan surat Keterangan sehat dari dokter (Asli) .
  6. Menyerahkan pas foto berwarna dengan menggunakan Pakaian PERSINAS ASAD berlatar Merah, 3 x 4 sebanyak 4 lembar.
  7. Menyerahkan surat mandat dari ketua Pengprov PERSINAS ASAD
  8. 8. Mematuhi segala ketentuan yang berlaku yang dikeluarkkan oleh PB PERSINAS ASAD dan Panitia Pelaksana KEJURNAS REMAJA, tahun 2013.

X. Ketentuan Teknis

  1. Pertemuan teknis/technical meeting akan di laksanakan pada Hari Senin tanggal 6 Mei 2013, pukul 16.00 s.d selesai.
  2. Menggunakan Peraturan pertandingan PERSINAS ASAD hasil MUNAS 2010 dan Revisinya, terutama mengenai :
    • Pakaian yang digunakan dalam Pertandingan (Pakaian ASAD)
    • Sistem babak (hanya kemenangan sempurna dan angka yg dapat melanjutkan ke babak berikutnya)
    • Penentuan Kemenangan
    • Tata cara masuk dan keluar gelanggang /Penghormatan
  3. Selain point 2, menggunakan Peraturan Pertandingan IPSI tahun 2012, yang akan disosialisasikan oleh PB PERSINAS ASAD.
  4. Sistim pertandingan yang digunakan untuk kategori tanding adalah sistim gugur tunggal
  5. Penimbangan
    • Tidak ada toleransi berat badan.
    • Penimbangan dilakukan ± 15 ( lima belas ) menit sebelum pesilat yang bersangkutan mengikuti pertandingan sesuai dengan jadwal yang ditentukan.
    • Untuk penimbangan, pesilat harus berpakaian Pencak Silat PERSINAS ASAD yang digunakan untuk bertanding, kering, tanpa sabuk, tanpa pelindung kemaluan dan pelindung sendi.
    • Pesilat yang tidak dapat memenuhi ketentuan berat badan dalam penimbangan menurut kelas yang diikutinya, dikenakan sanksi diskualifikasi.
    • Penimbangan hanya dilakukan satu kali (tidak diperkenankan mengulang dalam setiap penimbangan) dan harus disaksikan oleh kedua Pendamping Pesilat/official.
    • Petugas penimbangan dan kedua Pendamping Pesilat/official harus menanda tangani formulir berat badan penimbangan yang telah disediakan oleh Panitia Pelaksana.
  6. Pengajuan keberatan berlaku untuk semua kategori pertandingan dilakukan dengan ketentuan tata cara sebagai berikut :
    • Tim Manejer bersangkutan diwajibkan menyampaikan keberatannya dengan mengisi formulir yang tersedia pada Sekretaris Pertandingan.
    • Pengambilan formulir pengajuan keberatan dilakukan selambat-lambatnya 10 menit setelah keputusan pemenang di umumkan dan nilai perolehan peserta bagi TGR oleh Ketua Pertandingan , diserahkan kembali kepada Sekretaris Pertandingan selambat-lambatnya 20 menit sejak formulir diterima.
    • Dalam pengajuan keberatan harus dicantumkan uraian keberatannya dengan jelas. Keputusan atas keberatan tersebut pada tingkat pertama diselesaikan oleh Ketua Pertandingan bersama Dewan Wasit Juri, dan disampaikan kepada Tim Manejer bersangkutan selambat-lambatnya 2 ( dua ) jam sejak diterimanya pengajuan keberatan.
    • Bila keputusan tingkat pertama tetap tidak bisa diterima oleh yang bersangkutan, maka yang bersangkutan dapat mengajukan Banding selambat-lambatnya 20 menit setelah putusan tingkat pertama diserahkan kepada yang mengajukan keberatan.
    • Pengadilan tingkat Banding terdiri atas Delegasi Teknik sebagai Ketua dan Ketua Pertandingan serta Dewan Wasit Juri sebagai anggota, yang akan meninjau kembali masalahnya dan mengambil keputusan selambat-lambatnya 3 ( tiga ) jam setelah Banding diajukan. Keputusan pada tingkat Banding bersifat final.
    • Pengajuan keberatan hanya dapat diterima bila disampaikan atas dasar dan tata cara yang sesuai dengan nilai budi luhur dan etika Pencak Silat.
    • Setiap pengajuan keberatan dikenakan biaya sebesar uang $200, kecuali ditentukan lain PB PERSINAS ASAD .
  7. Pemeriksaan Keterangan Kesehatan
    • Setiap peserta harus membawa surat keterangan sehat yang sah yaitu surat keterangan sehat yang dikeluarkan oleh dokter dari instansi Rumah Sakit/ puskesmas yang berwenang (maksimal 1 bulan sebelum pelaksanaan pertandingan).
    • Apabila sebelum pertandingan dimulai pesilat tidak dapat menunjukkan surat keterangan kesehatan akan dikenakan diskualifikasi. (Panitia dapat merekomendasikan dokter/ rumah sakit tertentu untuk dilakukan check kesehatan, dengan biaya di tanggung tim yang bersangkutan)

XI. Pendaftaran

  1. Pendaftaran di buka pada tanggal seterimanya Tecnical handbook KEJURNAS REMAJA-IV tahun 2013 ini, dengan mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan
  2. Konfirmasi keikutsertaan dalam KEJURNAS REMAJA-IV tahun 2013, harus sudah di terima panitia penyelenggara paling lambat pada Bulan Maret 2013. (Wilayah Timur, 2-3 Maret 2013 di Padepokan Kediri Jawa Timur, kepada sdr. DR.Ir. Dedid CH, MT no Hp. 08123027183 (Ketua PB) dan Wilayah Barat pada tanggal 9-10 Maret 2013 di Padepokan Pondok Gede Jakarta kepada sdr. Kayat Sukayat, S.Pd no Hp. 081322616313 (Ketua PB), dengan menyerahkan formulir pendaftaran sementara yang telah disediakan oleh panitia.
  3. Kelengkapan Pendaftaran serta syarat-syarat administrasi harus sudah diterima panitia selambat-lambatnya tanggal 7 April 2013 untuk Wilayah Timur di Padepokan Kediri dan diserahkan kepada sdr. DR.Ir.Dedid CH, MT no Hp. 08123027183 (Ketua PB) dan tanggal 14 April 2013 untuk Wilayah Barat di Padepokan Pondok Gede Jakarta dan diserahkan kepada Sdr. Kayat Sukayat, S.Pd no Hp. 081322616313 (Ketua PB)

XII. Tata Tertib dan Sanksi

Tata tertib dan sanksi yang harus di patuhi oleh Kontingen (Manager,Pendamping/official,Pesilat dan Penonton/supporter) selama berlangsungnya pertandingan adalah :

  • Dilarang membawa segala macam benda tajam kedalam gedung pertandingan dan dilarang membuat kegaduan / keributan yang dapat menganggu jalannya pertandingan.
  • Di larang bertindak kasar, baik dengan kata-kata maupun dengan perbuatan terhadap seluruh aparat pertandingan.

Pelanggaran terhadap peraturan umum dan khusus serta larangan-larangan tersebut dalam poin 1 di atas akan dikenakan sanksi berupa :

  1. Untuk pesilat
    • Peringatan keras
    • Dinyatakan kalah
    • Diskualifikasi untuk seluruh Kontingen
    • Di skors
  2. Untuk Pendamping Pesilat/Official
    • Peringatan Keras
    • Tidak di akui haknya sebagai Official
    • Di skors
  3. Untuk Supporter / penonton
    •  Peringatan keras
    •  Di keluarkan dari gedung pertandingan

XIII.Wasit Juri

Yang bertindak sebagai wasit dan juri adalah wasit juri PERSINAS ASAD yang telah memiliki sertifikat Nasional/Daerah baik bersertifikat IPSI ataupun PERSINAS ASAD serta wasit juri yang dianggap mampu dan ditugaskan oleh PB PERSINAS ASAD

XIV. Juara

  1. Setiap kelas akan ditentukan pemenangnya masing-masing untuk (kategori Tanding) :
    • 1 (satu) orang juara I
    • 1 (satu) orang juara II
    • 2 (dua) orang juara III
  2. Para pemenang masing-masing kelas akan memperoleh :
    • Juara I memperoleh mendali emas dan piagam
    • Juara II memperoleh mendali perak dan piagam
    • Juara III memperoleh mendali perunggu dan piagam
  3. Juara umum I akan mendapatkan piala bergilir dan piala tetap serta dana pembinaan dari PB PERSINAS ASAD
  4. Juara umum II akan mendapatkan piala tetap serta dana pembinaan dari PB PERSINAS ASAD
  5. Juara umum III akan mendapatkan piala tetap serta uang pembinaan dari PB PERSINAS ASAD
  6. Untuk pesilat terbaik akan mendapatkan piala dan Piagam
  7. Untuk Kontingen terbaik/favorit akan mendapatkan piala dan piagam

XV. Jadwal Kegiatan (terlampir)

XVI.Rencana Anggaran Biaya (Terlampir)

XVII.Lain-lain

  1. Panitia penyelenggara akomodasi dan konsumsi
  2. Ketentuan-ketentuan yang akan di tetapkan di technical meeting bersifat wajib bagi seluruh peserta.
  3. Setiap kontingen akan mendapatkan tanda peserta
  4. Kecelakaan dalam pertandingan yang berakibat cidera fatal.
    • Panitia bertanggung jawab atas pengurusannya
    • Biaya pengobatan akan menjadi tanggung jawab bersama antara panitia dan Kontingen berdasarkan musyawaroh.
  5. Hal-hal yang belum diatur dalam Technical handbook ini akan di atur dalam ketentuan lain dan dalam acara technical meeting.

XVIII. Lampiran

  1. Formulir konfirmasi Sementara keikutsertaan KEJURNAS REMAJA-IV, tahun 2013
  2. Formulir konfirmasi keikutsertaan KEJURNAS REMAJA-IV , tahun 2013
  3. Formulir peserta
  4. Formulir pendaftaran
  5. Formulir daftar nama pesilat
  6. Formulir biodata pesilat
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: