Persinas ASAD

Persinas Asad (Ampuh Sehat Aman Damai)

Kerjasama yang Baik

Posted by persinas pada Mei 5, 2012


Semangat kerjasama yang baik dalam melakukan suatu kegiatan sangatlah diperlukan dan penting adanya.

MENDIRIKAN suatu organisasi tidak sesulit yang kebanyakan dipikirkan orang. Dengan modal kemauan dan kerja keras, suatu organisasi dapat mudah diwujudkan. Untuk memulai sesuatu tidak memerlukan hal hal yang terlampau detil, karena dengan menunggu terlalu lama untuk “sempurna”, malahan tidak akan menghasilkan apapun. Nihil. Ketika suatu organisasi telah mampu diwujudkan, maka langkah selanjutnya adalah menggerakkan visi dan misi organisasi sesuai rencana semula yang telah disepakati.
Dari pelbagai pengalaman yang telah dilalui, tidak mudah untuk mengerakkan visi dan misi organisasi tanpa terwujudnya kekompakan diantara sesama anggota. Disamping itu, kekompakan dapat muncul dengan sendirinya apabila seluruh anggota memahami bahwa ada porsi dan wewenang yang harus diberikan kepada orang yang dianggap pas untuk menjalankannya. Perlu dipahami bersama bahwa organisasi yang mampu bertahan lama dengan baik, tidak hanya memerlukan banyak sekali orang pandai. Yang penting adalah adanya kemampuan bekerjasama yang baik, yang saling mendukung, tidak saling tumpang tindih, dan tidak saling mengandalkan satu dan yang lainnya. Semua bekerja sesuai porsi dan kemampuan terbaik.
Dari hal diatas, tentu segala hal yang dijalankan pun harus sesuai target dan perlu diberi batas waktu. Tanpa batas waktu, roda perputaran organisasi akan lambat, tidak efektif, dan cenderung terabaikan. Hal ini yang seharusnya menjadi fokus para anggota organisasi yang menghendaki agar visi dan misi organisasi cepat terwujud dan berjalan baik sesuai rencana. Maka dapat dikatakan, kunci atas baik dan buruknya suatu organisasi adalah dengan terciptanya kekompakan.
Kekompakan sendiri merupakan refleksi dari adanya kerjasama yang baik, yang berjalan baik. Kerjasama yang baik antar sesama lini anggota organisasi maupun dengan pihak pihak yang sekiranya dapat membantu terwujudnya visi dan misi organisasi mutlak diperlukan, karena tidak ada satu pun organisasi di dunia ini yang dapat hidup seorang diri meski ia memiliki faktor produksi yang mumpuni.
Hal ini tentu berkenaan tidak hanya pada organisasi perusahaan, bahkan organisasi pencak silat di Indonesia yang pasti ada dibawah naungan IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) sebagai induk dari seluruh organisasi pencak silat, jelas membutuhkan kerjasama yang baik untuk maju. Mulailah bekerjasama yang baik, tanpa terlalu memikirkan apa hasil akhirnya. Karena pasti banyak yang didapat dari proses menuju hasil akhir yang bisa diambil sebagai pelajaran sebagai modal berharga untuk masa depan suatu organisasi.//** (AsadDKI . com)
oleh: Teguh Prayogo

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: