Persinas ASAD

Persinas Asad (Ampuh Sehat Aman Damai)

Ujian Kenaikan Tingkat 2011

Posted by persinas pada November 30, 2011


Jakarta – Sabtu/Minggu, 26-27 November 2011 Pengurus Provinsi (PengProv) Persinas ASAD DKI Jakarta telah berhasil melaksanakan kegiatan Ujian Kenaikan Tingkat (UKT). Adapun kegiatan kali ini dilaksanakan di Permata Buana Sawangan, Bogor yang melibatkan 36 orang pesilat dari berbagai PengCab Persinas ASAD di Jakarta. Meski tergolong sukses dan lancar bagi kebanyakan peserta UKT, namun tetap disayangkan ada 1 orang pesilat asal cabang Jakarta Selatan yang mengundurkan diri karena alasan fisik (tidak fit).

Bertindak selaku penguji adalah 2 orang perwakilan dari PB. Persinas ASAD, yakni Sdr. Agung ‘kiko’ Sujatmiko, Sdr. Supriyatna, dan dibantu oleh beberapa orang pelatih dari Pengprov DKI Jakarta sendiri semisal Sdr. Budi, Sdr. Yakobi, Sdr. Karjono.

NARASI KEGIATAN

Adapun pelaksanaan kegiatan UKT ini diawali dengan kegiatan pembekalan, refreshing, fisik dan pelatihan mental pada setelah shalat isya sampai pukul 02.30 dini hari dan diakhiri dengan kegiatan spiritual: shalat & doa malam.

Pukul 07.00 keesokan harinya, pelaksanaan UKT dimulai dengan pemanasan. Setelah pemanasan para peserta UKT disuguhi dengan sarapan berupa bubur kacang hijau.

Inti dari pelaksanaan UKT ini dimulai dengan cara pemanggilan peserta ujian 6-7 org per kelompok untuk diuji materi kurikulum tingkat satu yang harus mereka kuasai secara keseluruhan. Adapun para peserta yang telah terseleksi melanjutkan pengujian tingkat selanjutnya hingga selesai pukul 15.00 Wib. Penutupan acara UKT ditutup oleh Bapak H. Abdul Malik (yang mewakili seluruh Dewan Pembina ASAD DKI Jakarta) pada pukul 15.30 dan diakhiri dengan ucapan selamat dan foto bersama.

Adapun hasil kenaikan tingkat telah diumumkan pada penutupan tersebut pada Minggu 27 November 2011. Dan sertifikat kelulusan akan diberikan menyusul oleh PengProv Persinas ASAD DKI Jakarta setelah segala urusan administrasi para peserta UKT telah lengkap.

Kegiatan UKT kali ini dinilai masih banyak kekurangan sana sini. PengProv Persinas ASAD DKI Jakarta berjanji akan memperbaiki hal hal yang dirasa perlu untuk dibenahi. Meski sudah berusaha semaksimal mungkin, tetap pepatah mengatakan, tak ada gading yang tak retak. Kita berharap semua kekurangan yang terjadi pada kegiatan UKT yang lalu dapat segera dievaluasi dan dibenahi. Para pengurus, pelatih, dan rekan rekan pesilat diharapkan dapat lebih saling bersinergi, saling berkoordinasi dan saling mendukung, agar menghasilkan sesuatu yang nyata, berguna, bermanfaat, dan penuh berkah.

Adapun pesan PengProv Persinas ASAD DKI Jakarta dari kegiatan UKT kali adalah, agar seluruh pesilat yang lulus bisa memberikan sumbangsih di padepokan masing masing. Karena diakui atau tidak, di beberapa padepokan PengProv Persinas ASAD DKI Jakarta masih kekurangangan tenaga pelatih. Tujuan ini tak lain agar Pengprov DKI Jakarta mampu terus mengimbangi laju materi kurikulum yang datang dari PB Persinas ASAD dengan langkah yang efektif.

PESAN dan INFORMASI

Merujuk pada rencana program kerja PengProv Persinas ASAD Jawa Timur, insya Allaah kegiatan kegiatan yang bersifat seremonial akan diminimalisir dan akan lebih meningkatkan kegiatan pelatihan dan latih tanding. Hal ini mengingat kegiatan kegiatan yang bersifat keorganisasian dan seremonial dinilai sangat tidak efisien dalam hal pengeluaran biaya dibarengi dengan manfaat yang jauh dari maksimal. Dengan kata lain, semacam ini (baca: hanya menggembar gemborkan kegiatan seremonial) dianggap langkah yang mubazir. Maka dinilai akan lebih bermanfaat apabila PengProv ASAD di seluruh Indonesia lebih berfokus pada kualitas para pelatih. Karena bagaimanapun juga intisari dari sebuah Perguruan Silat terletak dari kualitas pelatih dan kualitas para penerus pelatihnya.

Adapun saat ini 7 PengCab BOGUTA : Bogor Utara/Gunung Putri (Bogor Utara, Bogor selatan, Bekasi Timur, Bekasi barat, Bekasi Selatan, Depok dan Cikarang) sedang melaksanakan kegiatan TOT yang dilaksanakan setiap Sabtu pukul 16.00. Para peserta wajib bermalam hingga hari esok harinya sampai pukul 15.00.

Mudah mudahan rencana kerja program PengProv Persinas ASAD Jawa Timur dan kegiatan 7 PengCab BOGUTA diatas bisa juga diadopsi oleh PengProv Persinas ASAD DKI Jakarta sebagai bahan pertimbangan rencana kerja dan evaluasi di tahun 2012 mendatang.

Demikian dan terima kasih kami ucapkan kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung kegiatan UKT 2011 ini.
(kontributor: Agung Sujatmiko / H. Rian Widya Tenaya)

Sumber: asad-dki.blogspot.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: